Penjelasan Singkat Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kumer


Pembelajaran Berdiferensiasi

adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa Kebutuhan belajar peserta didik 

1. Kesiapan belajar
2. Minat belajar
3. Profile belajar


Kesiapan belajar siswa 

adalah kapasitas mempelajari materi baru. Guru memberikan pembelajaran yang mempertimbangkan tingkat kesiapan siswa, dengan lingkungan belajar yang tepat dan dukung yang memadai, sehinggga mereka akan dapat menguasai materi baru tersebut.

Minat belajar siswa

Merupakan suatu keadaan mental yang menghasilakan respon terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan diri

Contoh memetakan kebutuhan belajar berdasarkan minat
Ibu Putik ingin mengajarkan siswanya keterampilan membuat sebuah Teks Prosedur. Setelah selesai mendiskusikan tentang apa dan bagaimana  membuat Teks Prosedur, Bu Putik lalu meminta peserta didik berlatih membuat  sendiri teks prosedur tersebut. Bagaimana sebaiknya instruksi Bu Putik kepada peserta didiknya?


Profil Belajar

Preferensi terhadap  lingkungan belajar
Sosial Budaya
Gaya Belajar
Multiple Intelegence

Contoh memetakan kebutuhan belajar berdasarkan profil
Pak Hadi akan mengajar tentang habitat makhluk hidup. Ia memiliki data bahwa peserta didiknya ada yang memiliki gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik. Bagaimana sebaiknya persiapan mengajar yang dilakukan pak Hadi?
Tugas yang bagaimana sebaiknya yang diberikan pak Hadi?


ZamRoniye
ZamRoniye Suatu hal yg harus di ketahui adl bagaimana diri Qt bermanfaat bagi yg lain

Post a Comment for "Penjelasan Singkat Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kumer"