Kalimat Tarji' dan Hikmahnya

Untung tidak dapat diraih, musibah tidak dapat ditolak. Dari ungkapan tersebut setiap manusia bisa mendapat musibah atau sebaliknya. Bagaimana perasaanmu ketika menerima musibah? Musibah harus disikapi dengan akhlak terpuji. Sikap yang menunjukkan kualitas iman seseorang ketika menerima musibah adalah sabar. Semakin kuat kesabaran seseorang dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah Swt menunjukkan semakin kuatnya keimanan orang tersebut.

Allah Swt memberikan keberuntungan atau musibah sesuai kehendak-Nya. Tidak seorang pun di dunia ini yang menginginkan datangnya musibah. Namun atas kehendak Allah Swt seseorang dapat ditimpa musibah.



Allah Swt berfirman:

الَّذِ يْنَ إِذَا أَ صَا بَتْهُمْ مُصِيْبَة قَا لُوْا إِنَّا للهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْ نَ

Artinya :

“(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun.”

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita bahwa saat menghadapi musibah baik yang berat maupun yang ringan, agar senantiasa membaca kalimat thayyibah tarji’.

مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيْبُهُ مُصِيْبَة فَيَقُوْ لُ: إِنَّا للهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ , اَللَّهُمَّ أَ جُرْنِىْ فِى مُ صِيْبَتِى وَ

أَخْلِفْ لِىْ خَيْرا مِنْهَا إِلََّ أَ جَرَهُ اللهُ فِىْ مُصِيْبَتِهِ وَ أَ خْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا )رواه مسلم(

Artinya :

“ Tidaklah seorang hamba terkena musibah, kemudian ia berdoa, sesungguhnya kita kepunyaan Allah Swt dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya. Ya Allah berilah pahala dalam musibah ini dan berilah aku ganti yang lebih baik dari padanya. Kecuali Allah Swt akan memberikan pahala dalam musibahnya dan Allah Swt akan memberi ganti baginya yang lebih baik dari padanya.”(HR. Muslim)

Dengan memahami kalimat thayyibah tarji’, diharapkan muncul keyakinan bahwa segala yang terjadi pada diri kita baik yang berupa untung atau rugi, berkah atau musibah adalah kehendak Allah Swt. Semua yang ada pada kita harus diakui dengan tulus bahwa kita milik Allah Swt dan pada waktunya akan kembali menghadap Allah Swt. 


B. TERBIASA MENGUCAPKAN KALIMAT THAYYIBAH TARJI’

Ucapan merupakan cerminan dari kepribadian seseorang. Pribadi yang baik akan menghasilkan perkataan yang santun dan mulia dalam segala suasana, senang atau susah, lapang atau sempit yang terucap hanya kata-kata bijak atau kalimat-kalimat thayyibah.

Musibah dan bencana datang melanda. Dengan bencana dapat terdidik jiwa manusia agar memiliki kekuatan yang tegar, keteguhan sikap, terlatih, dan selalu hati-hati dan waspada.

Musibah datang secara tiba-tiba, baik musibah tersebut bersifat ringan atau berat, besar atau kecil, bisa diderita secara pribadi atau pada orang-orang yang kita cintai, misalnya orang tua, saudara, atau keluarga terdekat kita. Saat itulah, kita harus segera menyadari bahwa yang paling penting mencari perlindungan kepada Allah Swt. Tidak ada tempat berlindung kecuali naungan-Nya. Tidak ada pertolongan kecuali dari-Nya

Kalimat tarji’ merupakan wujud penyerahan diri manusia atas takdir Allah Swt. Manusia milik-Nya dan hanya Allah Swt yang berhak mengambilnya. Oleh sebab itu, manusia harus bisa pasrah menghadapi takdir Allah Swt. Manusia juga harus bisa sabar dan ikhlas menghadapi musibah yang datang menimpa. Barang siapa yang tertimpa musibah kemudian menghadapinya dengan sabar dan ikhlas dengan mengucap kalimat thayyibah tarji’ “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un”, maka Allah Swt akan memberi pahala, mengampuni dosa-dosa orang tersebut dan memberi ganti yang lebih baik.

mengucapkan kalimat thayyibah tarji’.

Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah tarji’ antara lain

  • 1. Menerima musibah;
  • 2. Mendengar kabar berita duka cita;
  • 3. Terjadi kecelakaan;
  • 4. Terjadi bencana alam;
  • 5. Terpeleset atau jatuh;
  • 6. Kehilangan barang.

Soal Latihan Kelas 5

  1. Tulislah Kalimat Tarji.......
  2. Kapankah kalimat tarji' itu diucapkan................
  3. Apa isi dari surat Albaqarah ayat 155 .........
  4. Jika seorang yang ditimpah musibah sabar maka dosanya........
  5. Sebutkan 5 hikmah mengucapkan kalimat tarji...............

ZamRoniye
ZamRoniye Suatu hal yg harus di ketahui adl bagaimana diri Qt bermanfaat bagi yg lain

Post a Comment for "Kalimat Tarji' dan Hikmahnya "